Masakan Vegetarian

Awalnya karena orang-orang di rumah pada kena penyakit kolesterol tinggi (I am sure my cooking have nothing to do with it). Jadi tergoda untuk mengeksplorasi makanan vegetarian yang selama ini menurut pandangan saya membosankan (cuma berkisar pada tahu dan tempe saja), dan kemudian saya menemukan beberapa resep ini.

Mushroom Biryani (Masakan India)

Mushroom Biryani (resep saya ambil dari sini)

Bahan-bahan:
1. Telur dan daun ketumbar (untuk omelet)
2. Jamur kancing, bawang putih, jahe, cabe giling halus, bubuk paprika, jinten, garam, dan yoghurt (untuk jamur)
3. Cabe, bawang putih, jahe, kunyit, garam masala*, garam, semua dihaluskan (untuk bumbu nasi biryani)
4. Bawang, beras basmati (beras biasa juga boleh kalau sulit cari basmati, dimasak jangan terlalu lembek), air lemon, daun salam, kaldu sayuran**

Cara Memasak:
Telur dikocok lepas, beri daun ketumbar yang telah dipotong-potong kecil, goreng, lalu potong-potong. Sisihkan.

Bahan-bahan untuk jamur dihaluskan kecuali yoghurt, setelah halus baru campur dengan yoghurt sampai rata. Jamur dipotong-potong sesuai selera lalu tumis sampai matang. Angkat, campurkan dengan bumbu yang telah dicampur dengan yoghurt. Sisihkan.

Untuk nasinya, saya menggunakan nasi yang telah dimasak terlebih dahulu di rice cooker setengah matang, atau matang tapi agak keras (jangan memasak menggunakan terlalu banyak air). Tumis bawang sampai matang, tambahkan cabe, bawang putih, jahe, kunyit, garam masala dan garam yang telah dihaluskan semuanya, masak sampai harum. Tambahkan nasi, digoreng sambil diaduk hingga bumbu tercampur rata, tambahkan kaldu sayuran secukupnya (jangan sampai terlalu lembek), tambahkan garam dan lada secukupnya, masak hingga air habis. Bisa ditambahkan air bunga mawar (saya tidak pakai karena susah carinya di sini). Angkat, tambahkan daun mint jika suka dan air lemon. Cetak nasi menggunakan mangkok, taruh jamur bumbu yoghurt dan omelet di atasnya. Siap disantap.

*garam masala bisa ditemukan di toko yang menjual bumbu oriental atau anda bisa mencampur sendiri jinten, ketumbar, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan merica hitam
** kaldu sayuran bisa diperoleh dari rebusan kulit sayuran atau sisa sayuran yg sudah tidak dipergunakan seperti kulit wortel, daun bawang, bonggol brokoli, dan lain-lain. Masak di api kecil sampai saripatinya keluar.


Vegetable Wrap with Guacamole (Masakan Meksiko)
Vegetable Wrap with Guacamole (resep dari sini)

Bahan-bahan:
1. Tomat yang sudah masak buang bijinya dipotong dadu, bawang putih dihaluskan, bawang merah (bombay) potong kecil-kecil, cabe hijau buang bijinya potong kecil-kecil, daun ketumbar (untuk salsa).
2. Alpukat dihaluskan, jeruk limo, bawang putih dihaluskan, bawang merah (bombay) potong kecil-kecil, tomat buang bijinya potong dadu (untuk guacamole).
3. Courgette (sejenis terong hijau, bisa diganti terong atau sayuran lain sesuai selera) dipotong memanjang, paprika merah dan kuning dipotong memanjang, daun koriander, jeruk limau dipotong memanjang, dan kulit tortilla*

Cara Memasak:
Bahan-bahan salsa dicampur semua, sisihkan minimal 30 menit. Bahan-bahan guacamole dicampur juga, tambahkan air jeruk limo, sisihkan. Ambil satu kulit tortilla, tambahkan di atasnya courgette, paprika, salsa, dan guacamole, tutup, lalu bakar di atas wajan yang telah dipanaskan sampai kulit sedikit kecoklatan. Angkat, tambahkan potongan jeruk limau dan daun koriander di atasnya untuk hiasan.


Kungpao Brokoli  
Kungpao Brokoli (resep saya ambil dari sini)

Bahan-bahan:
1. Kacang mete, tahu dipotong dadu, brokoli
2. Cabe kering, lada, bawang putih dan bawang merah haluskan, jahe dipotong kecil, kecap asin, cuka, gula, maizena yang dilarutkan dalam sedikit air.

Cara Memasak:
Goreng kacang mete sampai kuning, sisihkan. Tumis bawang putih dan bawang merah serta jahe sampai harum, masukkan cabe kering dan lada, tambahkan tahu yang telah dipotong-potong hingga kuning kecoklatan, tambahkan brokoli, gula, kecap asin, dan cuka, serta sedikit air. Masak hingga brokoli sedikit layu. Tambahkan maizena di api besar, masak hingga mengental. Hidangkan.

Comments

Popular Posts