zuppa-zuppa (dengan sup krim)


resep ini adalah resep favorit anak saya yang mengkombinasikan beberapa hal yang jadi favoritnya, keju, susu, dan pastry :p. dulu pertama kali coba zuppa-zuppa di the valley, bandung, dan ngeliatnya agak takjub, kayaknya susah banget deh bikinnya. tapi ternyata setelah tau rahasianya, ternyata ga susah sama sekali.

bahan-bahan:
1 liter kaldu ayam (atau air + kaldu blok)
125 ml susu cair UHT atau double cream
2 lembar keju cheddar
bawang bombay
ayam/sosis ayam/sosis sapi/daging asap/ jagung/asparagus/jamur (tergantung selera)
2 sendok tepung maizena
garam secukupnya
lembaran pastry

cara membuat:

didihkan kaldu ayam. sementara menunggu kaldu mendidih, goreng bawang bombay yang sudah diiris halus menggunakan mentega/margarin/minyak hingga harum, lalu masukkan ke kaldu ayam yang telah mendidih. masukkan topping sesuai selera (bisa ayam/sosis/jamur, dll). lalu masukkan susu cair/double cream, diaduk-aduk hingga kaldu dan susu bercampur. tambahkan keju cheddar sambil terus diaduk hingga mencair/bercampur di dalam kaldu. tambahkan garam secukupnya.

larutkan tepung maizena di dalam sedikit air, aduk-aduk hingga bercampur, setelah bercampur baru masukkan ke dalam kaldu ayam. diaduk hingga mengental.

siapkan mangkuk untuk sup krim ayam yang ukurannya sesuai dengan ukuran lembaran pastry yang akan digunakan. masukkan sup krim ayam ke dalam mangkuk. tutup dengan satu lembar pastry hingga seluruh permukaannya tertutup. masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 8 menit atau hingga pastry berwarna kuning emas.

angkat. sajikan.

Comments

Popular Posts