menemani suami (tugas) belajar

menemani suami (tugas) belajar. begitulah keterangan yang diterakan pada kolom tujuan ketika saya mengisi formulir lapor diri di KBRI. dan saya tertegun.

deskripsi paling absurd yang pernah saya dengar. seperti keberadaan saya dinihilkan dan cuma jadi pelengkap. seakan semua kesulitan beradaptasi di dunia baru ini (hanya) untuk menemani suami tugas belajar. apa memang hanya itu alasannya saya ada di tempat ini?

dan seperti biasa, sayapun bertanya tentang eksistensi. apakah saya sekarang mengadopsi pelesetan rene descartes, i accompany, therefore i am? saya memang sudah menikah. sudah punya anak. tapi bukan berarti saya berhenti menjadi diri saya sendiri? bukan berarti keberadaan saya melulu hanya untuk orang lain kan?

pic: seated couple by egon schiele

Comments

Popular Posts